PRINSIP KERJASAMA GRICE



PRINSIP KERJASAMA GRICE

Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pragmatik

HESTY SETYAHARINI, S.Pd






           

Disusun Oleh Kelompok IV:

1. Hadi Suprapto                               (1220717012)

2. Nila Ayu Wahyuni                        (1220717017)

     

Tk/ Smt/ Kel : III/ IV/ A





PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

2015

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Salah satu cabang dari linguistik yang mempelajari tentang ujaran dari sang penutur adalah pragmatik. Seorang ahli bahasa Leech mengemukakan bahwa pragmatik adalah studi mengenai makna ujaran di dalam situasi-situasi tertentu atau dalam konteks tertentu. Atau dengan kata lain pragmatik adalah ilmu cabang lnguistik yang mengkaji hubungan timbal balik antara fungsi dan bentuk tuturan. Dan dalam pragmatik inilah terdapat prinsip-prinsip tentang bagaimana seorang manusia bertutur dalam situasi tertentu.
Berbahasa adalah aktivitas sosial. Seperti halnya aktivitas-aktivitas sosial yang lain, kegiatan berbahasa baru terwujud apabila manusia terlibat di dalamnya. Di dalam berbicara, penutur dan mitra tutur sama-sama menyadari bahwa ada kaidah-kaidah yang mengatur tindakannya, penggunaan bahasanya, dan interpretasi-interpretasinya terhadap tindakan dan ucapan lawan tuturnya. Setiap peserta tindak tutur bertanggung jawab terhadap tindakan dan penyimpangan terhadap kaidah kebahasaan di dalamnya.
Salah satu prinsip dalam pragmatik adalah prinsip kerja sama Grice, yakni maksim kuantitas (maxim of quantity), maksim kualitas (maxim of quality), maksim relevansi (maxim of relevance), dan maksim pelaksanaan (maxim of manner). Dengan mengetahui prinsip-prinsip tersebut kita sebagai penutur bisa menerapkan atau mengimplementasikananya dalam situasi atau konteks tertentu dalam membuat tuturan.

B.     Rumusan Masalah
a.       Apakah Definisi Pragmatik itu?
b.      Apakah Pengertian Maksim dalam Prinsip Kerjasama Grice?
c.       Apakah Maksim Kerjasama tersebut?
d.      Apa sajakah Prinsip-Prinsip kerjasama Grice?

C.    Tujuan
a.       Sebagai bekal pembelajaran khususnya tentang Prinsip-Prinsip Kerjasama Grice, dalam mempelajari Ilmu Pragmatik pada umumnya
b.      Sebagai tambahan Ilmu Pengetahuan

D.    Manfaat
Memberikan informasi dan pengetahuan kepada pembaca mengenai Prinsip-prinsip Kerjasama Grice dalam kajian Pragmatik.



 

BAB II
PEMBAHASAN

1.      Pengertian Pragmatik
Pragmatik adalah cabang ilmu bahasa yang mengkaji bahasa dari aspek pemakaian aktualnya.Leech(1983:5-6) menyatakan bahwa pragmatik mempelajari maksud ujaran (yaitu untuk apa ujaran itu dilakukan); menanyakan apa yang seseorang maksudkan dengan suatu tindak tutur; dan mengaitkan makna dengan siapa berbicara kepada siapa, di mana, bilamana, dan bagaimana.
Dalam tulisan Putu Wijana diungkapkan bahwa ilmu pragmatik adalah cabang ilmu bahasa yang menelaah makna-makna satuan lingual secara eksternal. Yule (1996:3),misalnya, menyebutkan empat definisi pragmatik,yaitu (1) bidang yang mengkaji makna pembicara; (2) bidang yang mengkaji makna menurut konteksnya; (3) bidang yang, melebihi kajian tentang makna yang diujarkan, mengkaji makna yang dikomunikasikan atau terkomunikasikan oleh pembicara; dan (4) bidang yang mengkaji bentuk ekspresi menurut jarak sosial yang membatasi partisipan yang terlibat dalam percakapan tertentu.   
Leech (1983: 6) melihat pragmatik sebagai bidang kajian dalam linguistik yang mempunyai kaitan dengan semantik. Keterkaitan ini ia sebut semantisisme, yaitu melihat pragmatik sebagai bagian dari semantik; pragmatisisme, yaitu melihat semantik sebagai bagian dari pragmatik; dan komplementarisme, atau melihat semantik dan pragmatik sebagai dua bidang yang saling melengkapi.

2.      Pengertian Maksim
Maksim merupakan kaidah kebahasaan di dalam interaksi lingual; kaidah-kaidah yang mengatur tindakannya, penggunaan bahasanya, dan interpretasi-interpretasinya terhadap tindakan dan ucapan lawan tuturnya. Selain itu maksim juga disebut sebagai bentuk pragmatik berdasarkan prinsip kerja sama dan prinsip kesopanan.
3.      Maksim Kerja Sama
Dalam komunikasi yang wajar agaknya dapat diasumsikan bahwa seorang penutur mengartikulasikan ujaran dengan maksud untuk mengkomunikasikan sesuatu kepada lawan bicaranya, dan berharap lawan bicaranya dapat memahami apa yang hendak dikomunikasikan itu. Untuk itu penutur selalu berusaha agar tuturannya selalu relevan dengan konteks, jelas, mudah dipahami, padat dan ringkas (concise), serta selalu pada persoalan (straight forward), sehingga tidak menghabiskan waktu lawan bicaranya.
Bila dalam suatu percakapan terjadi penyimpangan, ada implikasi-implikasi tertentu yang hendak dicapai oleh penuturnya. Bila implikasi itu tidak ada, maka penutur yang bersangkutan tidak melaksanakan kerjasama atau tidak bersifat kooperatif. Jadi, secara ringkas dapat diasumsikan bahwa ada semacam prinsip kerja sama yang harus dilakukan pembicara dan lawan bicara agar proses komunikasi itu berjalan lancar.
Grice berpendapat bahwa di dalam rangka melaksanakan prinsip-prinsip kerja sama itu, setiap penutur harus mematuhi empat maksim percakapan (conversational maxim), yakni maksim kuantitas (maxim of quantity), maksim kualitas (maxim of quality), maksim relevansi (maxim of relevance), dan maksim pelaksanaan (maxim of manner).


1.    Maksim Kuantitas (The Maxim of Quantity)
Berikan jumlah informasi yang tepat, yaitu :
a)      Sumbangan informasi Anda harus seinformatif yang dibutuhkan.
b)      Sumbangan informasi Anda jangan melebihi yang dibutuhkan
Di dalam maksim kuantitas, seorang penutur diharapkan dapat memberikan informasi yang cukup, relative memadai, dan seinformatif mungkin. Informasi demikian itu tidak boleh melebihi informasi yang sebenarnya dibutuhkan si mitra tutur. Tuturan yang mengandung informasi yang sungguh-sungguh diperlukan mitra tutur, dapat dikatakan melanggar maksim kuantitas dalam Prinsip Kerja Sama Grice. Demikian sebaliknya, apabila tuturan itu mengandung informasi yang berlebihan akan dapat dikatakan melanggar  maksim kuantitas. Perhatikan contoh percakapan berikut ,
Contoh yang sesuai:
1.      A : Apakah Anda sudah mengerjakan tugas?
B : Ya, sudah.
Contoh yang tidak sesuai:
2.      X :  Apakah Anda sudah mengerjakan tugas?
 Y : Belum. Kemarin saya berlibur di rumah nenek di Yogya.  Sampai rumah sudah larut sehingga saya tidak sempat mengerjakan tugas.
Percakapan(1) dalam contoh di atas merupakan tuturan yang sudah jelas dan sangat informative isinya. Dapat dikatakan demikian, karena tanpa harus ditambah dengan informasi lain, tuturan itu sudah dapat dipahami maksudnya dengan baik dan jelas oleh si mitra tutur.

Penambahan informasi seperti ditunjukkan pada percakapan (2) justru akan menyebabkan tuturan menjadi berlebihan dan terlalu panjang. Sesuai dengan yang digariskan maksim ini, tuturan seperti pada  percakapan (2) di atas tidak mendukung atau bahkan melanggar Prinsip Kerja Sama Grice.
Pernyataan yang demikian dalam banyak hal, kadang-kadang tidak dapat dibenarkan. Dalam masyarakat dan budaya Indonesia, khususnya di dalam kultur masyarakat Jawa, justru ada indikasi bahwa semakin panjang sebuah tuturan akan semakin sopanlah tuturan itu. Sebaliknya, semakin pendek sebuah tuturan, akan semakin tidak sopanlah tuturan itu.
Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa untuk menunjukkan maksud kesantunan tuturan dalam bahasa Indonesia, dalam hal tertentu penutur harus melanggar dan tidak menepati Prinsip Kerja Sama Grice. Tuturan (A), (B), dan (C) berikut secara berturut-turut menunjukkan perbedaan tingkat  kesantunan tuturan sebagai akibat  dari perbedaan panjang-pendeknya tuturan. Perhatikan Contoh dibawah:
A : “Bawalah Koran itu ke tempat lain!”
B :  Tolong bawalah Koran itu ke tempat lain!”
C :  “Silahkan Koran itu dibawa ke tempat lain dahulu!”
Keterangan :
Tuturan A, B, dan C, dituturkan oleh seorang Direktur kepada sekretarisnya di dalam ruangan yang kebetulan mejanya berserakan dengan Koran-koran bekas di atasnya.




2.    Maksim Kualitas (The Maxim of Quality)
Usahakan agar sumbangan informasi Anda benar, yaitu :
a)      Jangan mengatakan suatu yang Anda yakini bahwa itu tidak benar.
b)        Jangan mengatakan suatu yang bukti kebenarannya kurang meyakinkan.
Dengan maksim kualitas, seorang peserta tutur diharapkan dapat menyampaikan sesuatu yang nyata dan sesuai fakta sebenarnya di dalam bertutur. Fakta itu harus didukung dan didasarkan pada bukti-bukti yang jelas.
Contoh yang sesuai:
1.      A : Kamu tahu, Eko kuliah dimana?
B : Di UGM.
Contoh yang tidak sesuai:
2.       A : Kamu tahu, Eko kuliah dimana?
                               B : Dia tidak kuliah di STKIP seperti kita, tapi di UGM.
Dalam komunikasi sebenarnya, penutur dan mitra tutur sangat lazim menggunakan tuturan dengan maksud yang tidak senyatanya dan tidak disertai dengan bukti-bukti yang jelas. Bertutur yang terlalu langsung dan tanpa basa-basi dengan disertai bukti-bukti yang jelas dan apa adanya justru akan membuat tuturan menjadi kasar dan tidak sopan. Dengan perkataan lain, untuk bertutur yang santun maksim kualitas ini seringkali tidak dipatuhi dan tidak dipenuhi. Tuturan (X), (Y), dan (Z) berikut secara berturut-turut berbeda dalam peringkat kesantunannya dan dapat dipertimbangkan untuk memperjelas pernyataan di atas.Perhatikan Contoh berikut:

X :  “Pak, minta uangnya untuk besok!”
Y :  “Bapak, besok beli bukunya bagaimana?”
Z :  “Bapak, besok aku jadi ke Gramedia, bukan?”
Keterangan:
Tuturan X, Y, dan Z, dituturkan Oleh seorang anak yang sedang minta uang kepada Bapaknya. Tuturan-tuturan tersebut dituturkan dalam konteks situasi tutur yang berbeda-beda.

3. Maksim Relevansi (The Maxim of Relevance)
             Usahakan agar perkataan Anda ada relevansinya.
Di dalam maksim relevansi, dinyatakan bahwa agar terjalin kerja sama yang baik antara penutur dan mitra tutur, masing-masing hendaknya dapat memberikan kontribusi yang relevan (sesuai) tentang sesuatu yang sedang dipertuturkan itu. Bertutur dengan tidak memberikan kontribusi yang demikian dianggap tidak mematuhi dan melanggar prinsip kerja sama.
Contoh yang sesuai:
1.       A : Dimana kotak permenku?
 B : Di kamar belajarmu.
Contoh yang tidak sesuai:
2.      A : Dimana kotak permenku?
            B : Saya harus segera pergi kuliah
Cuplikan percakapan pada (1) di atas dapat dikatakan mematuhi dan menepati maksim relevansi.
Dikatakan demikian, karena apabila dicermati lebih mendalam, tuturan yang disampaikan tokoh (B) yakni Dikamar belajarmubenar-benar merupakan tanggapan atas percakapan yang disampaikan tokoh (A) yang dituturkan sebelumnya, yakni Dimana kotak permenkuDengan perkataan lain, tuturan itu patuh dengan maksim relevansi dalam Prinsip Kerja Sama Grice, sedangkan percakapan (2) merupakan percakapan atau tuturan yang tidak relevan dan tidak mematuhi maksim relevansi karena tidak sesuai dengan apa yang dimaksudkan.
Untuk maksud-maksud tertentu, misalnya untuk menunjukkan kesantunan tuturan, Ketentuan yang ada pada maksim itu seringkali tidak dipenuhi oleh penutur. Berkenaan dengan hal ini, tuturan (3) antara seorang direktur dengan sekretarisnya pada contoh berikut dapat dipertimbangkan.
3. Direktur  : “Bawa sini semua berkasnya akan saya tanda  tangani dulu!”
   Sekretaris   : “Maaf Bu, kasihan sekali nenek tua itu.”
Keterangan :
Dituturkan oleh seorang Direktur kepada sekretarisnya pada saat mereka bersama-sama bekerja di sebuah ruang kerja Direktur. Pada saat itu,ada seorang nenek tua yang sudah menunggu lama.
Di dalam cuplikan percakapan di atas, tampak dengan jelas bahwa tuturan sang sekretaris, yakni “maaf Bu, kasihan sekali nenek tua itu” tidak memiliki relevansi dengan apa yang diperintahkan sang Direktur, yakni “Bawa sini semua berkasnya akan saya tanda tangani!” Dengan demikian tuturan (3) di atas dapat dipakai sebagai salah satu bukti bahwa maksim relevansi dalam prinsip kerja sama tidak selalu dipenuhi dan dipatuhi dalam pertuturan sesungguhnya.
Hal seperti itu dapat dilakukan, khususnya, apabila tuturan tersebut dimaksudkan untuk mengungkapkan maksud-maksud tertentu yang khusus sifatnya.

4. Maksim Pelaksanaan (The Maxim of Manner)
Usahakan agar mudah dimengerti, yaitu : 
a.    Hindarilah pernyataan-pernyataan yang samar.
b.    Hindarilah ketaksaan.
c.    Usahakan agar ringkas
d.   Usahakan agar Anda berbicara dengan teratur.
Maksim pelaksanaan ini mengharuskan peserta pertuturan bertutur secara langsung, jelas dan tidak kabur. Orang bertutur dengan tidak mempertimbangkan hal-hal itu dapat dikatakan melanggar Prinsip Kerja Sama Grice karena tidak mematuhi maksim pelaksanaan.
Contoh yang sesuai:
1.      A : Siapa teman Anda yang Pesepakbola itu?
B :  CRISTIANO RONALDO
Contoh yang tidak sesuai:
2.      X :  “Ayo, cepat dibuka!”
                             Y :  “Sebentar dulu, masih dingin.”

Dalam percakapan (1) dapat dikatakan mematuhi dan menepati maksim pelaksanaan pada prinsip Kerja Sama Grice karena dalam percakapan tersebut penutur maupun mitra tutur menyampaikan tuturan secara langsung, jelas dan tidak kabur.
Sedangkan pada Cuplikan tuturan (2) di atas pada maksim pelaksanaan memiliki kadar kejelasan yang rendah. Karena berkadar kejelasan rendah dengan sendirinya kadar kekaburannya menjadi sangat tinggi. Tuturan si penutur (X) yang berbunyi “Ayo, cepat dibuka!” sama sekali tidak memberikan kejelasan tentang apa yang sebenarnya diminta oleh si mitra tutur. Kata dibuka dalam tuturan di atas mengandung kadar ketaksaan dan kekaburan sangat tinggi. Oleh karenanya, maknanya pun menjadi sangat kabur. Dapat dikatakan demikian, karena kata itu dimungkinkan untuk ditafsirkan bermacam-macam. Demikian pula tuturan yang disampaikan si mitra tutur (Y), yakni “sebentar dulu, masih dingin” mengandung kadar ketaksaan cukup tinggi. Kata dingin pada tuturan itu dapat mendatangkan banyak kemungkinan persepsi penafsiran Karena di dalam tuturan itu tidak jelas apa sebenarnya yang masih dingin itu. Tuturan-tuturan demikian itu dapat dikatakan melanggar prinsip kerja sama karena tidak mematuhi maksim pelaksanaan dalam Prinsip Kerja Sama Grice.
Dalam kegiatan bertutur yang sesungguhnya pada masyarakat bahasa Indonesia, ketidakjelasan, kekaburan, dan ketidaklangsungan merupakan hal yang wajar dan sangat lazim terjadi. Sebagai contoh, di dalam masyarakat tutur dan kebudayaan Jawa, ciri-ciri bertutur demikian hampir selalu dapat ditemukan dalam percakapan keseharian pada masyarakat tutur ini, justru ketidaklangsungan merupakan salah satu ceritra kesantunan seseorang dalam bertutur. Tuturan (3) dapat digunakan sebagai ilustrasi untuk memperjelas hal ini.
3.      Anak : “Bu, besok saya akan pulang lagi ke kota.”
Ibu     : “Itu sudah saya siapkan di laci meja.”



Keterangan :
Dituturkan oleh seorang anak desa yang masih mahasiswa kepada Ibunya pada saat meminta uang saku untuk hidup di sebuah rumah kos di kota. Tuturan itu terjadi pada waktu mereka  berdua berada di dapur sedang memasak bersama.
Dari cuplikan di atas, tampak bahwa tuturan yang dituturkan sang anak, yakni yang berbunyi “Bu, besok saya akan pulang lagi ke kota.” Relatif kabur maksudnya. Maksud yang sebenarnya dari tuturan si anak itu, bukannya terutama ingin memberi tahu kepada sang Ibu bahwa ia akan segera kembali ke kota, melainkan lebih dari itu , yakni bahwa ia sebenarnya ingin menanyakan apakah sang ibu sudah siap dengan sejumlah uang yang sudah diminta sebelumnya . Seperti telah disampaikan terdahulu, di dalam masyarakat tutur Jawa, justru kesantunan berbahasa sering dijumpai denganketidakjelasan, ketidaklangsungan, kekaburan dan semacamnya. Orang yang terlibat dalam pertuturan diharapkan dapat membaca maksud tersembunyi dari si mitra tutur. Dengan perkataan lain, peserta tutur di dalam sebuah pertuturan harus dapat membaca “sasmita” atau maksud yang terselubung dari si penutur. Dengan demikian, jelas bahwa dalam komunikasi yang sebenarnya, maksim pelaksanaan pada Prinsip Kerja Sama Grice itu seringkali tidak di patuhi atau bahkan mungkin harus dilanggar.


BAB III
SIMPULAN

Cabang ilmu bahasa yang mengkaji bahasa dari aspek pemakaian aktualnya merupakan pengertian dari Pragmatik itu sendiri. Didalam ilmu Pragmatik terdapat prinsip-prinsip Kerjasama didalamnya, salah satunya dari prinsip tersebut adalah Prinsip Kerjasama Grice, dimana didalamnya setiap penutur harus mematuhi empat maksim Percakapan, yaitu maksim kuantitas (maxim of quantity), maksim kualitas (maxim of quality), maksim relevansi (maxim of relevance), dan maksim pelaksanaan (maxim of manner). Sebelum berbicara tentang empat Maksim tersebut hendaknya harus mengerti terlebih dahulu tentang pengertian Maksim Itu sendiri. Maksim merupakan kaidah kebahasaan di dalam interaksi lingual; kaidah-kaidah yang mengatur tindakannya, penggunaan bahasanya, dan interpretasi-interpretasinya terhadap tindakan dan ucapan lawan tuturnya.
Maksim kuantitas menghendaki setiap peserta pertuturan memberikan kontribusi yang secukupnya atau sebanyak yang dibutuhkan oleh lawan bicaranya atau pembicara memberikan informasi yang cukup, relatif dan seinformatif mungkin.
Maksim kualitas mewajibkan setiap peserta percakapan mengatakan sesuatu yang nyata dan sesuai dengan fakta sebenarnya. Kontribusi peserta percakapan hendaknya didasarkan pada bukti-bukti yang memadai. Apabila patuh pada prinsip ini, jangan pernah mengatakan sesuatu yang diyakini bahwa itu kurang benar atau tidak benar.
Maksim relevansi mengharuskan setiap peserta tutur dapat memberikan kontribusi yang relevan (sesuai) tentang sesuatu yang sedang dipertuturkan.
Maksim pelaksanaan mengharuskan setiap peserta percakapan berbicara secara langsung, tidak kabur, tidak taksa, dan tidak berlebih-lebihan, serta runtut.

Belum ada Komentar untuk "PRINSIP KERJASAMA GRICE "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel